===== ". Selamat Datang dan Terima kasih anda telah mengunjungi Blog Pengawas Sekolah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur ." ====== ". Bersama mencerdaskan anak bangsa ." ===== ". Email : mkpsboltim@yahoo.co.id ." =====

Rabu, 24 September 2014

Cara Mencetak Kartu NUPTK 2014


Sebagai guru tenaga kependidikan harus mempunyai bukti keaktifan PTK Pada tahun Pelajaran 2014-2015. Maka setiap guru dituntut harus  mengaktifkan NUPTK/Peg ID Melalui akun Padamu Negeri.
Setelah melalui tahap tersebut  nantinya masing-masing PTK dapat secara langsung mencetak Kartu Identitas PTK / Kartu NUPTK.
Tahap pelaporan status keaktifan PTK ini bisa dilakukan secara mandiri via online melalui masing-masing akun PTK yang telah dimiliki sebelumnya dengan didampingi oleh operator sekolah. Masa pelaporan keaktifan ini diagendakan mulai dari tanggal 18 Agustus 2014 s/d 31 Desember 2014.

Walaupun mudah namun masih banyak yang kebingungan tentang cara Mencetak kartu NUPTK tersebut.

Berikut cara mencetak Kartu NUPTK


  1. Login ke alamat PTK  http://padamu.siap.web.id
    Samadajip Image
     
  2. Klik Menu Padamu PTK

    samadajip Image
  3. Jika muncul Tulisan Seperti di bawah ini close saja (klik tanda silang)
    samadajip Image

    4. Ini merupakan Tahapan yang paling penting

  4. samadajip Image


5. Klik tombol isi angket EDS PTK (kebetulan tombol ini tidak muncul di halaman PTK saya) dan ikuti petunjuk permintaan.
samadajip Image
6. kemudian klik tombol Survey kurikulum : silahkan klik YA jika anda Ikut dan Tidak Jika anda belum mengikuti diklat Kurikulum2013
samadajip Image
7. Akan ada dua pilihan, pilih 'Ya' jika anda telah mengikuti pelatihan kurikulum 2013 pada  periodeJuni-Juli         2014 atau plih 'Tidak' jika belum (akhiri dengan klik simpan) 

samadajip Image

8. Jika anda memilih 'Ya' maka akan tampil lembar survey yang harus diisi, namun sebelumnya silahkan pilih 'Mapel' yang anda ikuti pada pelatihan kurikulum 2014 tersebut

9. Tahapan Berikutnya , klik tombol 'Upload Foto' 
samadajip Image
10. Silahkan upload foto anda yang berada dikomputer/laptop dengan ukuran file maksimum 250X400 pixel (format JPEG/JPG, PNG, atau GIF) dengan mengklik tombol 'Pilih File' selanjutnya klik 'Unggah' 
samadajip Image
11. Masih pada tahap ketiga, tepat diatas tombol upload foto akan tertera tombol 'Aktifkan Data'. Klik tombol tersebut untuk memulai pengaktifan data PTK (* Baca catatan dibawah tutorial ini, penting!)
samadajip Image
12. Anda akan diminta untuk memeriksa kembali lembar Portofolio, klik 'Edit Kembali' jika masih ada data yang harus diperbaiki atau klik 'Aktifkan' jika data sudah benar atau sudah tidak perlu diedit (* Baca catatan dibawah tutorial ini, penting!) 
samadajip Image
13. Tahap terakhir (pada menu beranda), Cetak Kartu Digital NUPTK / PegID. Silahkan klik tombol 'Cetak' 
14. Eng Ing Eng....! Kartu anda akan tercetak di format PDF( seperti Pada penampakan gambar di bawah.)


Mudah kan....? Selamat Mencoba........................
jika Ingin menyimpan tutorial format PDF bisa DOWNLOAD di Sini.

Semoga bermanfaat bagi pembaca .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar