Berdasarkan
panduan materi Pelatihan Pendampingan Kurikulum 2013 Kriteria ketuntasan
belajar minimal (KKM) untuk KI-3 dan KI-4 adalah B- (2.66) dengan
demikian seorang peserta didik dinyatakan belum menguasai KD yang dipelajarinya
apabila menunjukkan indikator nilai < 2.66 dari hasil tes formatif.
Sedangkan untuk KI-1 dan KI-2 untuk seluruh matapelajaran, yakni jika profil
sikap peserta didik secara umum berada pada kategori baik atau B (3.00)
menurut standar yang ditetapkan satuan pendidikan yang bersangkutan.
Untuk lebih
memahaminya silahkan lihat table Ketuntasan belajar berikut ini:
Predikat
|
Nilai
Kompetensi
|
||
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
Sikap
|
|
A
|
4
|
4
|
SB
|
A-
|
3.66
|
3.66
|
|
B+
|
3.33
|
3.33
|
B
|
B
|
3
|
3
|
|
B-
|
2.66
|
2.66
|
|
C+
|
2.33
|
2.33
|
C
|
C
|
2
|
2
|
|
C-
|
1.66
|
1.66
|
|
D+
|
1.33
|
1.33
|
K
|
D
|
1
|
1
|
Keterangan:
SB =
Sangat Baik, B = Baik, C = Cukup, K = Kurang
|
Berdasarkan
tabel di atas, Pada KD untuk KI-3 dan KI-4, seorang peserta didik dinyatakan
belum menguasai KD yang dipelajarinya apabila menunjukkan indikator nilai <
2.66 dari hasil tes formatif. Seorang peserta didik dinyatakan sudah tuntas
belajar dengan menguasai KD yang dipelajarinya apabila menunjukkan
indikator nilai ≥ 2.66 dari hasil tes formatif. Bagi peserta didik yang belum
tuntas untuk kompetensi tertentu harus mengikuti pembelajaran remedial,
sedangkan bagi yang sudah tuntas boleh mempelajari kompetensi berikutnya.
Untuk
mengetahui apakah peserta didik sudah atau belum tuntas menguasai suatu
kompetensi dapat melihat posisi nilai yang diperoleh berdasarkan tabel konversi
nilai berikut.
Konversi
nilai akhir
|
Predikat
(Pengetahuan dan Keterampilan)
|
Sikap
|
|
Skala 100
|
Skala 4
|
||
86 -100
|
4
|
A
|
SB
|
81- 85
|
3.66
|
A-
|
|
76 – 80
|
3.33
|
B+
|
B
|
71-75
|
3.00
|
B
|
|
66-70
|
2.66
|
B-
|
|
61-65
|
2.33
|
C+
|
C
|
56-60
|
2
|
C
|
|
51-55
|
1.66
|
C-
|
|
46-50
|
1.33
|
D+
|
K
|
0-45
|
1
|
D
|
Apabila
peserta didik memperoleh nilai antara 66 sd. 70, dia ada pada posisi predikat B-
untuk kategori pengetahuan atau keterampilan. Artinya, peserta didik itu sudah
mencapai ketuntasan dalam menguasai kompetensi tersebut.
Namun untuk
KI-1 dan KI-2 peserta didik baru dinyatakan lulus apabila telah mencapai nilai
antara 71-75 (skala 100) atau memiliki nilai 3.00 untuk skala 4 atau telah
berada pada posisi B.
Dengan
adanya ketentuan ini sesungguhnya untuk KI-3 dan KI-4, guru tidak usaha
menghitung lagi KKM apabila nilai KKM-nya dipastikan di bawah nilai 66 sd 70
(skala 100) atau atau nilai di bawah (2.66) karena pemerintah sudah menetapkan
KKM standar. Namun jika guru memprediksi atau akan menentukan KKM untuk KI-3
dan KI-4 di atas nilai tersebut tentunya harus didasarkan pertimbangan atau
perhitungan yang matang. Begitu pula untuk penetapan KKM KI-1 dan KI-2.
Hal ini
perlu saya ingatkan agar tidak terjadi lagi debat yang tak terselesaikan antara
guru dengan kepala sekolah dan wakasek Kurikulum dalam penetapan KKM khusus
pada sekolah terpencil atau yang ada di pedesaan. Dengan adanya ketetntuan
tersebut sekalipun sekolah berada di pedesaan atau sekolah terpencil dengan
sarana dan prasana yang sangat tidak memadai dan mungkin didukung guru yang belum
professional KKM untuk KI-3 dan KI-4 harus B- setara dengan nilai 2.66 (skala
4) dan nilai 66 sd. 70 untuk skala 100.
Semoga bermanfaat bagi pembaca , terima kasih atas kunjungannya.
http://ainamulyana.blogspot.com
http://ainamulyana.blogspot.com/2014/09/ketuntasan-belajar-minimal-kkm-pada.html.#sthash.iXAIWUFX.dpuf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar